Beberapa Perusahaan Milik Basuki Tjahaya Purnama

Beberapa Perusahaan Milik Basuki Tjahaya Purnama – Basuki Tjahya Purnama atau yang biasa dikenal dengan Ahok selain menjabat sebagai politisi ternyata Ahok juga memiliki beberapa perusahaan yang cukup besar. Sejak 22 November 2019 sampai saat ini Bapak Ahok menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (persero). Untuk pendapatan sebagai komisaris PT Pertamina diperkirakan sekitar 150juta perbulan. Ahok juga pernah menjabat sebagai wakil gubernur dan sempat beberapa tahun menjadi gubernur Ibu Kota Jakarta tahun 2012.

Menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau biasa disingkat LKHPN jumlah harta kekayaan per 30 April 2020 sebesar 50,1 Milliar. Lalu tidak lama Ahok memperbarui kembali catatannya karena perusahaannya mengalami kenaikan hingga 9 Milliar sehingga saat ini laporan hasil kekayaan Ahok mencapai 59,3 Milliar.

Berikut adalah beberapa perusahaan milik bapak komisaris utama PT Pertamina, Ahok :

  1. PT Nurinda Ekapersada

Perusahaan yang dibangun ditahun 1992 ini bergerak dibidang pengolahan pasir kuarsa. Kemudian Ahok membangun pabrik pengolahan disalah satu desa di Belitung Timur, tepatnya Dusun Burung Mandi, desa Mengkubang. Kabarnya pabrik yang dikelolah oleh Ahok ini memanfaatkan beberapa teknologi dari Amerika dan Jerman. Perusahaan ini menjadi pabrik pengolahan pasir kuarsa yang pertama di Pulau Belitung. Dan ternyata lokasi yang digunakan Ahok mengelolah pabrik kuarsa ini merupakan kawasan industri dan pelabuhan samudra yang nama kawasannya Kawasan Industri Air Kelik (KIAK).

  1. CV Panda

Setelah menyelesaikan perkuliahannya sebagai sarjana teknik geologi. Basuki kemudia kembali ke kampung halamannya dan menetap disana untuk memulai bisnisnya ini. Bisnis yang dibangun Ahok tahun 1989 merupakan awal mulanya “bisnis gurita” yang sedang ia bangun dimasa itu. CV Panda merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kontraktor Timah. Setelah beberapa tahun menjalankan bisnis ini, Basuki menyadari bahwa untuk membuat perusahaan ini lebih maju, Ia harus lebih lagi mempelajari dunia bisnis maka dari itu ia mengambil jurusan Manajemen keuangan disalah satu sekolah tinggi yaitu Sekolah Tinggi Manajemen Prasetia Mulia. Setelah berhasil mendapatkan gelar Master of Business Adminstration MBA kemudian ia ditawari untuk bekerja di PT. Simaxindo Primadayana yang merupakan kontraktor pembangkit listrik. Mungkin karena tidak cocok dengan posisi dan keuangan proyek, Ahok kembali kekampung halamannya dan mengembangkan kembali CV Panda sekaligus mendirikan beberapa usaha-usaha lain disana.

  1. Hotel Purnama Belitung

Tidak hanya perusahaan pertambangan, ternyata Ahok juga memiliki Hotel di kota Belitung. Selain belitung terkenal dengan kekayaan sumberdaya alamnya ternyata kota kelahiran Ahok ini juga memiliki pesona keindahan alam sehingga seringkali dijadikan destinasi wisata dikota itu. Maka dari itu Ahok melihat ini sebagai peluang bisnis yang baik untuk membuka hotel. Hotel Purnama Belitung memiliki 12 kamar dan letaknya berada dekat kediaman Ahok. Awalnya Hotel ini merupakan bagian dari rumah Ahok, tetapi ayahanda sebelum kepergiannya menitip pesan kepada mereka untuk menjadikan rumah mereka sebagai hotel mengingat sudah banyak wisatawan yang tertarik dengan Belitung Timur ini.

Dan itulah beberapa perusahaan dari Basuki Tjahaya Purnama


Posted

in

by

Tags: